Pages

Selasa, 08 Oktober 2013

CERITA DAN DIALOG TEATER


jam 3 sore lebih ketika aku bangun tidur, entah mengapa aku inggin menulis sesuatu, lalu aku mencoba untuk mengingat sesuatu di masa lalu ku yang mungkin ada yang bisa aku ceritakan. ya aku inggin berbagi tentang pengalamanku saja ketika baru masuk kuliah di salah satu perguruan tinggin surabaya, tepatnya waktu itu ada acara OSJUR (orientasi jurusan). 
ini bukan menceritakan tentang acara osjur tadi tapi ketika osjur ini ada momen dimana masing-masing kelompok harus memberikan penampilan hiburan/ seni. Lalu saya menyarankan kepada teman-teman untuk menampilkan sebuah pementasan teater karna memang saya sangat suka bermain atau memiliki pengalaman di bidang teater, dan teman-teman sekelompok saya juga sangat setuju.
Saya mulai berfikir cerita apa yang akan kami tampilkan, lalu terlintas di pikiran saya untuk mengambil cerita tentang sikap wenang-wenang seorang polisi dalam menilang, terinspirasi gtu! Hehehe. dan di korelasikan dengan seni teater yang sederhana.
Ini dialok yang saya ciptakan dulu, mungkin dari teman-teman bloger butuh untuk digunakan dalam bermain teater atau yang lainya.

Dialog

Berawal dari seorang yang sedang berjalan jalan di suatu taman.

A: huft,,, baru pertama kesurabaya saya. Banyak sekali gedung-gedung tinggi, tapi kok panas banget ya, minum duluah
(diapun meminum air yang dia bawa sampai habis, lalu membuang sampah dengan sembarangan lalu terlihat ada orang yang berseragam dating menghampirinya)

B: selamat siang pak
A: siang pak, ada apa ya?
B: anda telah melanggar peraturan kota Surabaya
A: pelanggaran apa pak?
B: anda telah membuang sampah sembarangan
A: sampah pak? Wah kalo itu saya mintak maaf pak saya akan membuangnya di tempat sampah
B: maaf dengan pelangaran anda tadi saya harus menilang saudara karna melagar peraturan kota.
A: ditilang pak? Segitunya ya, masak segitunya pak, wah jangan-jangan bapak ini penipu ya?
B: penipu,,,!!! Jelas bukan, saya adalah petugas kota Surabaya untuk menjaga disini
A: wah gak percaya saya, wajah bapak saja kayak tidak menyakinkan gtu,,, hehehehe muka-muka mesum,,
B: kamu berani menggina saya ya, ini lihat saya punya kartu pengenal sebagai petugas. (dilihatkan kartu lencana)
A: haduh,,, maaf… maaf… pak, saya kirain mau nipu saya!! Lalu gimana pak saya kok ditilang…
B: ya kamu saya tilang, disini yang melangar peraturan kota akan ditilang sebesar 1 juta rupiah….!!!! (Deng deng deng………….)
A: what………………………? 1 juta pak????????
B: iya
A: kok banyak banget pak?
B: ya memang eraturanya segtu,,
A: wah kalau segitu jelas saya gak punya pak
B:  harus punya dong,,
A: tetep aja gak punya pak
B: kalo gak punya gak papa saya turunkan deh 500 rbu?
A: waduh pak,,,, saya bener2 gak punya,, saya kan merantau pak buat nyari uang bukan ngasih uang…!! (sambil merengek)
B: tetep gak punya,, hemmmm ya da 100 rbu?
A: 100 rbu pak,,, saya juga gak punya pak….
B: kok tetep gak punya???
A: iya pak saya gak punya juga
B: 50 rbu… (sambil mengentak)
A: gak punya pak…
B: hah? Kamu bohong ya sama saya???
A: tidak pak,,, saya bener-bener gak punya!!!
B: 20 puluh rbu,,
A: gak ada pak….
B: okeh deh,,, rokok aja!!! Kamu punya kan..
A: saya gak ngerokok pak jadi gak punya….
B: kamu bodoin saya ya???
A: enggak pak
B: itu di saku kamu kok ada dompetnya kan terlihat besar gtu,, kamu pasti bohong,, coba lihat..!!
(Lalu dikeluarkanya isi kantong belakangnya, ternyata bukan dompet tapi celana dalam laki-laki..)
A: bukan dompet kok pak,,, tapi celana dalam,, baru beli tadi
B: hah??? buat apa kamu bawa ginian di taruh di kantong lagy,,
A: buat bapak, buat otak sempak bapak…..
(dia memasukan kepala petugas tadi dengan sempak cepat-cepat sambil berlari,,,
                                                The and


            Itu tadi pementasan teater saat acara osjur, pemainya juga saya dan teman saya sendiri, mulanya temen saya yang jadi polisi gak mau karna kepalanya di pakekkan sempak, tapi karnah saya meyakinkanya dan karna sempa saya baru.. alias baru belih,, belum pernah saya pakek, diapun mau,, hehehehhe itu aja cerita n dialog pengalaman saya ermain teater, semoga menginspirasi dan bermangfaat.

0 komentar:

Posting Komentar