Pages

Sabtu, 08 Juni 2013

CINTA CIPTAAN ALLAH UNTUK KELANGSUNGAN HIDUP DI DUNIA



Dalam kehidupan ini pasti ada yang namanya keseimbangan, dimana dalam keseimbangan itu kita mampu menjaganya maka tidak ada suatu bencana atau kerugian dalam kehidupan, tapi jika malah sebaliknya kita manusia tidak bias menjaga keseimbangan (alam) maka jangan heran jika banyak sekali bencana yang kita hadapi dalam kehidupan ini.
Menjaga kelestarian lingkungan hidup dan tidak melakukan kerusakan di dalamnya merupakan suatu keharusan bagi setiap insan manusia. Karena itu, siapa pun orangnya, melakukan kerusakan lingkungan hidup dianggap sebagai sesuatu hal yang tidak baik dan tercela. Bahkan, orang munafik pun tidak ada yang mau dituduh telah melakukan kerusakan lingkungan hidup di muka bumi meskipun mereka sebenarnya telah melakukan kerusakan.
Allah Swt telah berfirman dalam Al-Qur’an “Dan apabila dikatakan kepada mereka: Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, mereka menjawab: Sesungguhnya kami orang yang mengadakan perbaikan. Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak menyadari    (Surat Al-Baqarah: 11-12). Dalam ayat alquran yang lain juga di jelaskan “Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepadanya rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. Dan dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahma Nya (hujan) hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu kami turunkan hujan di daerah itu. Maka kami keluarkan dengan sebab hujan itu berbagai macam buah-buahan. Seperti itulah kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran. Dan tanah yang baik, tanam-tanamannya tumbuh dengan seizin Allah, dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami)bagi orang-orang yang bersyukur.” (QS Al A’raf : 56-58)


Dari penjelasan ayat di atas bahwa karunia Allah yang berupa lingkungan hidup atau apapun yang di berikan Allah kepada kita harus menjaga, merawat dengan amat baik ini juga untuk kelangsungan kehidupan kita sebagai manusia, atau kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari membiasakan membuang sampah pada tempatnya, memang terlihat sederhana tapi manfaatnya sangat besar pada lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar